Pages

Thursday 13 June 2013

KEPO ??? -_-" zz

"kepo banget sih", "kepo yee? emang urusan lu?", "kepo tingkat tinggi ya" -_-

Akhir-akhir ini, entah kenapa saya sering banget mendengar kata-kata di atas wara wiri. Rada sebel sih,, tapi jadi mikir juga. heheh .. walopun sudah menyebar luas, sering digunakan sama anak-anak Indonesia, dan sebagian besar pun sudah tahu arti dari kata yang satu ini, tapi saya jadi tertarik untuk mencari arti kata ini yang sebenarnya,, apasih ?? *kepo* 

mari kita simak pengertian kata yang itu tuh *nyebelin kalo disebut -_-* dari http://kamusslang.com/arti/kepo

Arti Kata "Kepo"

KEPO
kepo adalah akronim dari Knowing every Particular Object
adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat

dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi kayak semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tsb

hati hati jika berhadapan dengan orang kepo,
hal yang anda sembunyikan tak lama kemudian akan muncul ke permukaan (rahasia yang bocor)

ciri ciri orang kepo :
serba ingin tahu
kadang sok tahu
mempunyai mata yang sangat amat jeli dan tajam
cikal bakal geek (evolusi sebelum orang itu jadi geek)
(di jalan yang ramai dengan orang)
a: "mas resletingnya kebuka, mas coba deh dicek, mas itu resletingnya kebukaaa... MAAAS WOOOOOY !!!"

orang asing: "wtf" (benerin resleting)

c: "kok lu tau sih? kepo ih"

a: " iya dong, tadi beneran resleting yang kebuka iya kan?"

c: "iya deh terserah"
Oleh megaslang - May 13, 2012 - LaporkanShare on facebook

#2. Kepo   

Kepengen tau. Diadaptasi dari bahasa daerah Hokkian (China) yaitu Kay-Poh.
A: Eh, tau gak masa katanya si Rere selingkuh!
B: Serius lo? Gila tuh anak
C: *tiba tiba ikut nimbrung* Pada ngomongin apaan sih?
A&B: Kepo lo!!
May 25, 2012 - Laporkan
49 Mantep, 19 Malesin

#3. Kepo   

sok mau tau urusan orang
mau tau aja loe! kepo banget seh!
Aug 16, 2010 - Laporkan
19 Mantep, 7 Malesin

#4. Kepo   

pengen tau banget urusan orang n' banyak nanya
jono:nama kamu siapa?
Budi:nama saya budi
jono:tinggal dimana?
Budi:di jakarta
jono:jakarta bagian mana?
Budi:kepo banget sih lo nanya2 molo dari tadi!!!
Aug 26, 2012 - Laporkan
29 Mantep, 21 Malesin

#5. Kepo   

(c)Kurious in Every Particular Object
Kepo banget liat-liat profil orang.
Oleh maximalz - Apr 14, 2012 - Laporkan
6 Mantep, 8 Malesin

#6. Kepo   

slalu ingin tau urusan orang lain..
wi.. kau kok tau semua urusan orang kepo banget se
Oleh riswandi - Oct 16, 2012 - Laporkan
12 Mantep, 39 Malesin

#7. Kepo   

Kepo itu suatu bahasa gaul yg digunakan untuk mengejek dan saling mengejek, khususnya di situs jejaring sosial sesperti twitter, dan kepo berasal dari kata KEk POlisi, atau kayak polisi, taukan kelakuan polisi kalo kalian berurusan dengannya jd ingin tau semuanya.
a. hei kamu udah punya pacar belum???
b. emang kenapa???
a. nggak tanya aja kalo udah siapa namanya??? rumahnya dimana??? anaknya siapa???? sekolahnya dimana??? tajir nggak??? ganteng nggak tuh???? gantengan dia apa Justin bieber???? bla bla bla bla ...
b. KEPOOOOOO ..... amat sih loh??

Well,, menurut kamus, kepo itu memang kebanyakan negatif ya -_- .. begitu banyak arti kata dari "kepo".
Knowing every particular object or ada juga yang bilang, knowing every particular other, yaap.. kuran lebih artinya sama. menurut saya, rasa keingintahuan tentang sesuatu itu wajar. Malah, sebagai anak bangsa yang memiliki ilmu sangat sedikit, kita harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi kan, hee ... Nah, yang bikin kepo negatif  menurut opini saya adalah kata "every" and kata "other" yang berarti rasa keingintahuan yang berlebihan dan ngga sewajarnya, karena setiap urusan orang lain ingin diketahui, mau orang itu ada disekitar kita, teman or sahabat, keluarga bahkan orang lain pun ingin di ketahui. Setiap orang itu pasti memiliki batasan-batasan mana yang cukup di share dengan orang lain atau dishare dengan sahabat, atau bisa juga di keep hanya untuk diri sendiri saja. 

Mengenai masalah orang lain yang belum kita kenal, memang lebih baik kita ga nanya terlalu mendetail, daripada nanti di sebut kepo, hayoo.. mau disebut kepo ?? hihiii :p
Kebanyakan orang kurang senang di-kepo-in karena dianggap mengobrak ngabrik privasinya. Ada juga yang merasa senang di-kepo-in oleh orang lain. Ga sedikit para blogger ingin blognya dikunjungi kan? itu salah satu ciri kalo orang seneng di-kepo-in , bhahaha.. 

Sadar or ngga, kepo kadang membawa angin positif lho.. dengan kadar ke-kepoan yang masih ringan, ini terhadap urusan orang lain ya.. hhmm... dengan itu kita jadi bisa bercermin dan merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain, khususnya keluarga, sahabat or teman kita.. kalo di bidang studi PKn sih biasa disebut bertenggang rasa, kalo di bidang studi bahasa Indonesia, efek kepo ringan ini adalah berSimpati. dengan rasa keingintahuan dan kita mencari tahu, setelah tahu maka seengganya yang kita rasakan adalah bersimpati.
  Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Dalam simpati, perasaan memegang peranan penting. Simpati akan berlangsung apabila terdapat pengertian pada kedua belah pihak Simpati lebih banyak terlihat dalam hubungan persahabatan, hubungan bertetangga, atau hubungan pekerjaan. 
Beda halnya kalo kita sama sekali ga mengenal orang itu, dan tiba-tiba kita ingin tahu urusan orang tersebut.. itu sepertinya adalah rasa kepo berlevel tinggi dan harus diperbaiki. Segala sesuatu yang berlebihan itu ga akan ada yang baik, apapun yang berlebihan, termasuk kepo tentunya akan berefek negatif buat diri kita sendiri dan orang lain. 

Fokus dengan diri sendiri dan perbaiki diri itu alternatif yang bagus sepertinya, kepo terhadap diri sendiri ga ada yang akan merasa terganggu kan??  Kepo sama diri sendiri yang saya maksud disini adalah coba kita melihat ke dalam diri, dan cari tahu, apakah kita sudah meminimalisir kekurangan dan memaksimalkan kelebihan? or urusan-urusan mana yang harus kita eksekusi? apa yang membuat kita masih selalu gagal? apa yang membuat kita masih belum menjadi orang yang lebih baik? begitu banyak kekepoan-kekepoan terhadap diri sendiri yang kita lupakan. Peduli terhadap orang lain itu adalah sikap yang baik, tapi yang harus diingat adalah jangan sampai berlebihan.. Yup, semua hal tentu selalu punya 2 sisi, positif dan negatif. 


Semoga kita bisa menjadi pribadi yang bisa mengontrol tingkat kekepoan kita degan baik, karena setiap manusia terlahir dengan rasa ingin tahu yang tinggi, apalagi terhadap orang-orang yang ada di dunianya :)




No comments:

Post a Comment