Pages

Monday 10 November 2014

Semangat Pejuang!

Ada yang ingat kalau hari ini 10 November? yaa, pasti secara umum kita ingat bahwa hari ini memang tanggal 10 November 2014. Tapi apakah kita juga ingat apa yang terjadi pada tanggal 10 Nopember 69 tahun silam?

Kita biasa menamai hari ini dengan sebutan hari pahlawan. Jika kita kembali ke 69 tahun lalu, tentu kita akan merasakan semangat perjuangan para pejuang bahkan rakyat sipil. 10 Nopember 1945, hari dimana ribuan bahkan ratusan ribu nyawa telah gugur demi mempertahankan kedaulatan negeri kita tercinta. 

Pernah belajar tentang sejarah indonesia saat masih sekolah dulu? Guru di bangku SMP atau SMA pastinya pernah menceritakan tentang hari pahlawan 10 Nopember. Tapi seperti angin lalu, sejarah hanyalah peristiwa usang yang ga perlu diingat dan baiknya dilupakan saja. Mungkin pelajar beranggapan seperti itu saat guru menjelaskan mengenai sejarah, karena sayapun dulu seperti itu *hehe

Baru teringat kalo hari adalah hari pahlawan, saya jadi penasaran, kenapa sih hari ini disebut sebagai hari pahlawan?
setelah saya coba surfing di google dan bertemu dengan wikipedia ini lho behind the scene hari pahlawan :) . Jujur saya baru tahu bahwa sebenarnya ketika 10 Nopember, tepatnya 69 tahun lalu, banyak sekali air mata dan darah yang mengaliri ibu pertiwi. *sad
Ntah karena dulu saya kurang tertarik dengan sejarah *padahal saya suka banget mata pelajaran sejarah,ciyus, apa karena saya yang pelupa, baru hari ini saya memahami apa yang melatarbelakangi hari pahlawan 10 Nopember yang jatuh di hari ini.

Pertempuran antara pribumi dengan tentara Inggris di Surabaya demi menjaga kedaulatan Indonesia. pernah ga sih kita berfikir, kira-kira kalau kita ada di masa itu, what will we do? menjadi pejuang apa menjadi pecundang? mungkin ga akan sulit menentukan pilihan karena pada saat itu musuh terlihat begitu nyata. Ibu pertiwi harus kita perjuangkan, ga boleh ada yang menginjak-injak negeri yang sudah merdeka, Indonesia. Perjuangan jiwa ragapun rasanya kita ga akan sungkan untuk kita berikan demi kedaulatan negara kita.

Tapi, apa kabar hari ini? 10 Nopember 2014.
Hari dimana negera kita sudah terlihat aman, nyaman, damai, ga ada lagi gencatan senjata, ga ada lagi tank-tank perang. hari dimana para tentara hanya fokus berlatih setiap harinya tanpa harus kelelahan bertempur di medan perang, hari dimana kita pribumi bisa berjalan-jalan dengan bebas tanpa rasa takut akan kehilangan nyawa. Sadarkah kita bahwa sebenarnya tugas kita lebih berat diberat? sadarkah wahai para pemuda, bahwa kita adalah tumpuan sang ibu pertiwi? akan menjadi baik atau tidaknya negeri ini, sadarkah kita bahwa itu adalah tugas kita para pemuda penerus bangsa?

Memaknai hari pahlawan tidak selalu harus dengan upacara menaikan bendera merah putih di tiang tertinggi. jaman sekarang sudah  beralih modern dan sudah banyak pergeseran. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh ibu pertiwi ini, 69 tahun merdeka, apa yang telah kita berikan untuk kebaikan negeri ini? apakah kita hanya menorehkan hiasan-hiasan hitam di dalamnya?

mari kita sama-sama renungkan, kita bisa mengambil semangat para pejuang yang telah gugur untuk menghiasi negeri ini dengan karya-karya terbaik anak bangsa. tidak harus dengan memegang pedang, tapi dengan mengasah keahlian kita agar bisa bersaing dengan negara merdeka lainnya, menunjukan bahwa negeri kita adalah negeri yang patut dibanggakan. tidak harus memakai tombak, cukup dengan berbudi pekerti yang baik dalam melestarikan kekayaan yang negeri ini miliki. kita mulai dari hal kecil dan sederhana, dari diri sendiri, demi kebaikan dan kedaulatan bangsa.

selamat hari pahlawan!






No comments:

Post a Comment