Pages

Monday 27 July 2015

Berusaha Dewasa



"Kamu tuh sudah besar lho, usiamu sudah bukan anak-anak lagi, dewasa sedikit dong sekarang, jangan bertingkah kaya anak kecil terus.."

lalu pertanyaan hinggap di kepala, bagaimana caranya menjadi dewasa? 
apakah dengan menjadi dewasa kita terbebas dari yang namanya rasa sedih?

yeaa.. this is 24th, i should act like i am 24, not 6th.. but how the way? how to be a wise mature 24th?
there're so many point of view, opinions about how to be a mature 24, but the question then.. how to be a wise person who not only mature, but strong enough to face all risks at 24th.

kadang saya merasa tingkah laku ini masih seperti bocah, tak melulu sisi negatif, tapi jiwa anak-anak juga tetap memiliki sisi positif yang menurut saya tidak dimiliki oleh mereka yang katanya sudah dewasa. lalu kemudian bagaimana seharusnya menjadi seorang dewasa yang bijak dan tangguh?

kadang merasa ingin berontak dari tuntutan usia, yang memaksa kita untuk bertingkah dewasa padahal hati masih sepolos anak-anak, ya.. dewasa.
dewasa dalam berpikir, bertindak, mengambil keputusan, bersikap.

dewasa berarti siap mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri. dewasa berarti siap menurunkan ego demi menaikan ego orang lain, dewasa berarti siap mengalah demi kemenangan mereka, dewasa berarti siap menghadapi keringnya hari dengan tetap memasang senyum termanis di wajah, aahh.. dewasa itu sulit sekali.. kalo seperti ini kenapa ga jadi anak-anak saja?
apakah sesulit itu menjadi seorang dewasa yang bijak?

saya hanya ingin menjadi dewasa yang sederhana, 
dewasa yang tetap menjadi diri sendiri, tetap bisa membahagiakan jiwa dalam tubuh ini dengan tak lupa membagi kebahagiaan kepada jiwa-jiwa sekitarnya,
dewasa yang menyadari bagian dalam dirinya, dewasa yang telah berteman dengan rasa takut dan cemas,
dewasa yang telah sadar bahwa rasa takut dan cemas adalah bagian dalam dirinya, bukan untuk menjatuhkan dan membuat terpuruk tapi untuk membuat langkah yang tepat,
dewasa yang tangguh, percaya diri dan berkomitmen,
dewasa yang selalu damai berbuat kebaikan terhadap orang lain,
dan dewasa yang selalu lembut dan bersih hatinya ;)
semoga.

No comments:

Post a Comment