Pages

Tuesday 21 October 2014

Say No to Bad Mood

Salah ga sih kalo kita gampang merasa tersinggung ketika  merasa sedang bad mood ?
Well, badmood sendiri itu apa yah pengertiaannya?

Badmood sering kita ungkapkan ketika kita sedang merasa tidak nyaman dengan keadaan sekitar hingga kita menjadi tidak bersemangat dan tidak merasa nyaman dengan kondisi kita. Dengan kata lain, badmood adalah suasana hati yang kurang baik yang sedang dialami.
Emang kalo kita sedang badmood akan ada banyak kerugian yang  mungkin dapat terjadi. Salah satunya adalah kita jadi gampang tersinggung, hal tersebut tentu bisa menyebabkan kesalahpahaman terhadap lawan bicara kita.

Ketika sedang badmood or dalam suasana hati yang buruk, kita dengan mudah ber-negative thinking sama orang lain, maksud dan omongan orang lain yang baik bisa jadi salah diartikan sama seseorang yang sedang badmood.

Wah, kalo kaya gitu badmood jelek banget dong yah?
Setiap orang pasti pernah mengalami masa dimana suasana hati sedang turun. Kita ga harus menuntut orang lain untuk menghibur kita, apalagi meminta dimengerti dan meminta menghilangkan badmood yang terjadi di dalam hati, karena sebenernya diri sendirilah yang bisa mengatasinya.

Ketika badmood terjadi, kita seringkali merasa benar dan berhak menghakimi orang lain. Let’s say big NO for that.. it’s really not good. Badmood bukanlah alasan kita untuk membenarkan argumen-argumen kita yang mungkin keliru. Pertanyaannya sekarang, bagaimana kita me-menej si suasana hati yang sedang buruk itu agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain?

Ketika suasana hati kita sedang buruk, alangkah baiknya kita tidak terlalu banyak bicara. Banyak bicara ternyata dapat memancing hal-hal lainnya yang bisa menjadikan kita menjadi salah menafsirkan tanggapan dari lawan bicara kita.

Kedua, coba relaksasi dengan minum air putih (fresh water) dan berwudhu. Jernihkan fikiran dengan merenung dan gunakan teknik tempurung  kura-kura. Tempurung kura-kura di sini adalah ketika kita  mencoba melihat ke dalam diri secara mendalam, mencoba memahami keadaan sekitar yang menjadikan suasana hati kita buruk,  menerima semuanya sebagai  pengalaman yang bisa dipetik pelajarannya, mengintrospeksi diri dan bercermin diri sehingga kita menyadari, bahwa semua yang terjadi pada saat ini adalah pembelajaran untuk hari esok.
Dengan teknik tempurung kura-kura ini, semoga kita bisa termotivasi dan good mood segera  kembali  :)

No comments:

Post a Comment